PPPA Daarul Qur’an adalah lembaga pengelola sedekah yang berkhidmad pada pembangunan masyarakat berbasis tahfizhul Qur’an yang dikelola secara profesional dan akuntabel.
Rekening Sedekah 
BCA 456 487 3456
MANDIRI 137 000 650 0561

a.n. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

PPPA Yogyakarta Gelar Ujian Tahfizh Triwulan

Siang itu tepatnya bakda dhuhur para santri Rumah Tahfizh mulai berdatangan ke Grha Tahfizh 1 PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta untuk ujian tahfizh yang diselenggarakan Rumah Tahfizh Center (RTC) wilayah Yogyakarta pada 5-6 Februari 2020. Sekitar pukul 13.00 WIB acara langsung dibuka oleh ustadz Ulil Abshar selaku Koordinator Rumah Tahfizh wilayah Yogyakarta yang sekaligus juga sebagai penguji pada ujian tahfizh triwulan kali ini. Kali ini ujian dilaksanakan untuk menguji kualitas hafalan Al-Qur’an santri dalam kategori 2-25 juz.

Satu per satu santriwati mulai maju ke meja ujian. Nampak sekali raut muka santri sebelum ujian, di antara mereka ada yang grogi juga ada yang tenang karena sudah siap. Salah satu santri yang sedikit grogi adalah Aufa, dia mengaku sudah muraja’ah setiap hari setelah pulang sekolah. “iya mbak biasanya saya muraja’ahnya setelah pulang sekolah itu hampir setiap hari sejak pemberitahuan ujian ini tapi tetap aja tadi tu rasanya grogi. Mungkin ini karena dilihat banyak orang, biasanya kan kalau di pondok tidak terbuka gini,” ujar Aufa salah satu santri Rumah Tahfizh Al-Islam yang masih duduk di bangku madrasah Aliyah (MA) ini.

Menurut Ustadz Ulil, dengan diadakannya ujian ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara rumah tahfizh dengan PPPA Daarul Qur’an. Selain itu yang utama dari ujian kali ini adalah untuk melihat seberapa jauh tingkat kualitas hafalan santri Rumah Tahfizh di wilayah Yogyakarta.

“Setelah ujian selesai terlihat di antara santri peserta ujian meski sudah menyetorkan hafalan 25 juz kepada gurunya ternyata baru mampu ikut ujian 8 juz. Mudah-mudahan dengan keikutsertaannya dalam ujian ini, semakin tumbuh rasa semangat menjaga dan menambah hafalan Al-Qur’an,” ujar Ustadz Ulil.
Ujian tahfizh ini diadakan setiap tiga bulan sekali untuk memantau proses dan kualitas hafalan santri. Tak lupa pada kesempatan ini Ustadz Ulil berpesan kepada santri Rumah Tahfizh bahwa ada banyak cara utuk menjaga hafalan. Bisa dengan muraja’ah kembali hafalan kita atau dengan menyetorkan kembali hafalan kepada guru. Selain itu, cara lain adalah dengan simaan. Karena dengan simaan kita tahu tingkat kekuatan hafalan kita. “Meski ujian ini kita pakai sistem MHQ, saya harap para santri tetap kuat menjaga semangat dan selalu istiqomah,” tutup ustadz Ulil mengakhiri ujian triwulan Rumah Tahfizh.

Alhamdulillah, tepat sebelum adzan maghrib berkumandang ujian triwulan Rumah Tahfizh selesai. Semoga hasil ujian memuaskan dan para santri semakin istiqamah dalam menghafal. Insyaallah dengan diadakannya ujian tahfizh ini santri Rumah Tahfizh akan semakin giat lagi dalam menghafal Al-Qur’an, hingga semangat berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot) khususnya dalam menghafal Al-Qur’an antar rumah tahfizh dapat terpelihara.[]

FA_LOGO-PPPA-WHITE

PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta
Jl. Nitikan Baru, Gang Leo No.1 Sorosutan
Umbulharjo – Yogyakarta 55162
Telp. 0274 4287976
Email. pppa.jogja@gmail.com

PPPA Daarul Qur'an Yogyakarta ⓒ 2019